5 Gejala Hipertensi, Mulai dari Ringan Hingga yang Lebih Parah

Diposting oleh kdwnm on 6th Jun 2022

Anda Punya Tekanan Darah Tinggi? Hati-hati, Penyakit Ini Masuk Lima Besar  Beban Penyakit di Dunia - Herald.idHipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah berada di angka 130/80 mmHg atau lebih. Jika tidak segera ditangani, hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyebabkan munculnya penyakit-penyakit serius yang mengancam nyawa, seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan stroke. 

Hipertensi terjadi ketika tekanan sistolik berada di atas 130 mmHg dan tekanan diastolik lebih dari 80 mmHg. Tekanan darah yang melebihi angka tersebut merupakan kondisi berbahaya dan harus segera ditangani.

Penyebab dan Gejala Hipertensi

Hipertensi terbagi ke dalam hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer tidak diketahui penyebabnya dengan pasti, sedangkan hipertensi sekunder dapat terjadi akibat beberapa faktor, seperti penyakit ginjal, sleep apnea, dan kecanduan alkohol.

Meskipun tidak memiliki tanda atau gejala yang jelas, beberapa orang dengan riwayat hipertensi kerap mengeluhkan beberapa gejala. Umumnya, gejala ini bisa dirasakan bila Anda memiliki kondisi kesehatan lain yang mungkin menjadi penyebab hipertensi atau yang juga dikenal dengan jenis hipertensi sekunder. Selain itu, gejala juga bisa dirasakan bila Anda memiliki tekanan darah yang sangat tinggi atau disebut dengan krisi hipertensi.

Berikut ini beberapa gejala yang sering dikaitkan dengan darah tinggi dan yang paling umum terjadi:

1. Gelisah

2. Sakit kepala

3. Jantung berdebar 

4. Penglihatan kabur

5. Mudah Lelah

Deteksi Sederhana

Cara untuk mendeteksi atau menegakkan diagnosis penyakit hipertensi, sangat sederhana yaitu dengan mengukur tekanan darah menggunakan tensimeter. Dikatakan hipertensi apabila didapatkan tekanan darah sistolik >140 mmHg dan atau tekanan darah sistolik >90 mmHg. Keberadaan Posbindu PTM setiap bulan di setiap kelurahan sebenarnya sudah cukup untuk mewaspadai dan memonitor tekanan darah dan segera ke Puskesmas/fasilitas kesehatan jika tekanan darahnya tinggi. Melalui Puskesmas dan Posbindu PTM, masyarakat cukup mendapat kemudahan akses untuk mendeteksi atau monitoring tekanan darah nya. Minum suplemen atau obat hipertensi klik disini, untuk rekomendasi obatnya