Apa Saja Sayuran yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung?

Diposting oleh kdwnm on 25th May 2022

Memilih makanan yang tepat merupakan bagian penting dalam manajemen gejala asam lambung. Tidak semua makanan bisa dikonsumsi dan ada baiknya jika Anda mulai mengenali jenis makanan dan sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung. Makan sembarangan bisa membuat asam lambung kambuh dan memicu ganggan seperti sensasi terbakar di dada dan tenggorokan (heartburn), rasa pahit di mulut, kembung, sakit perut, bahkan mungkin membuat napas menjadi lebih sesak. Sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung:

1. Selada 

Asal-usul Sayur Selada Jadi Obat Kuat Orang Mesir Kuno Halaman all -  Kompas.com

Selada adalah jenis sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung karena mudah dicerna sehingga tidak memicu perut kembung. Selain itu, selada juga termasuk sayuran yang mengandung banyak air, sehingga bisa membantu mengencerkan dan melemahkan asam lambung. 

2. Buncis 

Buncis, Si Hijau Segar Menyehatkan - Portal Jogja

Ahli diet ternama, David Groto, seperti dikutip Every Day Health, mengungkapkan bahwa semakin banyak serat yang dikonsumsi, maka semakin kecil juga kemungkinan seseorang terkena GERD. Buncis adalah salah satu jenis sayuran tinggi serat yang baik untuk mencegah GERD agar tidak kambuh. 

3. Peterseli 

Manfaat Peterseli untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan - Alodokter

Anda mungkin sering mendapati setangkai peterseli sebagai hiasan pada makanan. Tetapi selain mempercantik hidangan, peterseli juga merupakan salah satu sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung. Bahkan, sayuran ini telah digunakan turun-temurun untuk mengatasi sakit perut secara tradisional selama ratusan tahun. 

4. Kentang 

6 Manfaat Kentang yang Harus Anda Ketahui - Lifestyle Liputan6.com

Kentang adalah sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena karbohidrat kompleks yang dimilikinya sangat baik untuk tubuh. Selain itu, kentang juga mengandung serat yang mudah dicerna dan menyehatkan bagi organ pencernaan. 

5. Seledri 

Jual DAUN SELEDRI BATANG BESAR - Jakarta Timur - backspace | Tokopedia

Sama halnya dengan selada, seledri adalah sayuran sehat yang ringan di pencernaan dan tidak menyebabkan produksi gas berlebih. Seledri merupakan sayuran rendah kalori dan mengandung banyak air yang nyaman di perut saat dikonsumsi. 

6. Adas

Tak Hanya Menyembuhkan Jerawat, Ini 5 Manfaat Biji Adas Bagi Kesehatan -  Parapuan

Adas merupakan sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung karena memiliki tingkat keasaman yang rendah dan dapat membantu menenangkan rasa nyeri di perut akibat GERD. Biji adas juga sudah banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Sayuran adas sendiri dapat dikonsumsi dengan cara dipanggang atau ditumis lalu disajikan sebagai hidangan utama. Anda juga dapat mengirisnya mentah dan menambahkannya ke dalam hidangan salad. 

7. Wortel 

CARA MENANAM WORTEL - Jenis Tanaman Hidroponik

Wortel juga termasuk sayuran akar yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Selain kaya akan karbohidrat kompleks dan serat, wortel juga kaya akan beta karoten dan nutrisi lainnya yang dapat membantu memperbaiki jaringan yang rusak akibat asam lambung.

Cek disini untuk lihat rekomendasi obat kesehatan lambung