Benarkah Jambu Biji Efektif Atasi Diare?

Diposting oleh kdwnm on 17th Sep 2021

Jambu Biji atau guava, merupakan salah satu jenis buah yang banyak terdapat di Indonesia. Selain lezat, jambu biji juga dikenal kaya akan zat antioksidan, antiradang, antibakteri, serta dipercaya dapat mencegah beberapa jenis penyakit tertentu. Banyak orang yang mengandalkan buah jambu biji untuk menunjang kesehatan, termasuk dalam mengatasi diare.

Setiap 100 gr jambu biji mengandung 87 mg vitamin C, dibandingkan dengan jeruk hanya mengandung 49 mg. Bahkan jika dibandingkan buah-buahan lain seperti apel atau anggur, kandungan vitamin C jambu biji puluhan kali lipat jumlahnya. Selain buahnya yang kaya manfaat, daun jambu biji pun juga dapat dikonsumsi. Sebagai contoh, di beberapa belahan dunia, daun jambu biji dapat direbus untuk membuat teh. Hal ini karena daun jambu biji kaya akan kandungan vitamin C dan berbagai jenis antioksidan lainnya.

Beberapa penelitian ilmiah bahkan telah menemukan serangkaian manfaat dari daun jambu biji, termasuk dalam mencegah diabetes, obesitas, kolesterol tinggi, dan juga diare. Diare merupakan kondisi yang mana terdapat peningkatan frekuensi buang air besar, yang umumnya terjadi tiga kali atau lebih dalam sehari, dengan konsistensi yang lebih cair dari biasanya. Diare sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari terjadinya infeksi, asupan makanan jenis tertentu, intoleransi terhadap susu atau jenis makanan lain, dan lain-lain. Terlepas dari berbagai macam penyebabnya, diare merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu produktivitas seseorang dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Membantu saluran cerna

Meminum teh daun jambu biji atau mengonsumsi kapsul yang memiliki ekstrak daun jambu biji diketahui dapat membantu saluran cerna dalam mengatasi diare. Hal ini dikemukakan oleh salah satu penelitian yang dipublikasikan di Journal of Smooth Muscle Research pada tahun 2008, yang ditujukan untuk mengevaluasi kemampuan daun jambu biji dalam mengatasi diare pada tikus.

Dari hasil uji klinis tersebut, didapatkan temuan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat membantu mengatasi diare melalui beberapa cara, yakni menunda awal mula timbul gejala diare, mengurangi frekuensi buang air besar, serta menurunkan derajat keparahan penyakit diare yang dialami.

Kandungan yang dimiliki jambu biji untuk mengatasi diare adalah adanya zat yang mirip dengan attapulgite, yaitu kandungan yang biasa terdapat pada obat diare. Fungsinya adalah untuk memekatkan kotoran.


Kini tersedia Borobudur Herbal Jambu Biji 100 Kapsul Obat Demam Berdarah dan Diare merupakan obat herbal alami yang sangat efektif untuk membantu mengurangi frekuensi buang air besar dan untuk pengobatan demam berdarah. Diramu dari ekstrak daun jambu biji pilihan yang berkualitas. Tanin dan flavonoid yang dinyatakan sebagai quersetin dalam ekstrak daun jambu biji dapat menghambat aktivitas enzim reverse transkriptase, yang berarti khasiat untuk mengatasi penyakit demam dengan menghambat pertumbuhan virus berinti RNA. Bahan itu juga disebutkan mampu meningkatkan jumlah trombosit hingga 100 ribu milimeter per kubik tanpa efek samping. Quersetin dan glikosida quersetin yang dapat menghambat kontraksi spontan ileum dan sekresi asetilkolin lambung penyebab diare, sehingga diare dapat teratasi dengan cepat. Tanin bersifat sebagai astringent, yaitu melapisi mukosa usus, khususnya usus besar. Serta sebagai penyerap racun dan dapat menggumpalkan protein. Jambu Biji dari Borobudur Herbal diproses menggunakan teknologi modern dan berada di bawah pengawasan herbalis profesional. Produk ini sudah terdaftar BPOM sehingga aman dan terjamin kualitasnya. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.

Borobudur Herbal Jambu Biji 100 Kapsul Obat Demam Berdarah dan Diare