Benarkah, Konsumsi Bawang Putih dapat Menurunkan Kadar Kolesterol?

Diposting oleh kdwnm on 8th Oct 2021

/blog/benarkah-konsumsi-bawang-putih-dapat-menurunkan-kadar-kolesterol-/

Bawang putih dikenal karena aromanya yang khas. Tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan, bawang putih kerap diolah menjadi obat. Dikutip dari bawang putih mengandung bahan kimia disebut allicin yang terbukti dapat membunuh bakteri dan jamur dan meringankan gangguan pencernaan tertentu.Selain meringankan gangguan pencernaan, bawang putih diyakini juga punya manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Apakah hal ini bisa dibuktikan secara medis? Berikut penjelasannya.

Studi yang telah diterbitkan dalam Canadian Journal of Cardiology mengungkapkan, bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol. Penelitian yang melibatkan hewan dan manusia ini menunjukkan hasil penurunan kolesterol LDL apabila bawang putih dikonsumsi sebanyak satu setengah gram atau satu gram sehari. Nah, konsumsi bawang putih ternyata tidak menurunkan kadar kolesterol HDL dan hanya menurunkan kolesterol LDL. Kemampuan menurunkan kolesterol dari bawang putih tampaknya tergantung pada dosis. Artinya, semakin banyak bawang putih yang dikonsumsi, maka semakin rendah kolesterol turun. Penelitian lain yang diterbitkan dalam National Library of Medicine National Institutes of Health mengungkapkan, efek penurun kolesterol dari bawang putih tampaknya hanya sementara. Namun, jika dikonsumsi secara rutin dan diimbangi dengan pola hidup sehat. Tidak memungkiri khasiat dari bawang putih ini bisa di rasakan bagi penderita kolesterol. 

Mengambil dari khasiat baik si Bawang Putih, Sidomuncul menghadirkan 
Sido Muncul Garlic 30 Kapsul merupakan suplemen herbal alami yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Diramu dari herbal tradisional ekstrak bawang putih pilihan berkualitas. Bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak darah karena menghambat hidroksimetilglutaril-ko enzim A reduktase yang berperan dalam pembentukan kolesterol, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya hipertensi atau gangguan jantung. Selain itu juga menurunkan tekanan darah karena dapat menurunkan tegangan dinding pembuluh darah dengan cara merelaksasi otot polos, sehingga mengubah tegangan dinding sel otot polos dinding pembuluh darah. Produk Sido Muncul Garlic diproses secara modern dan higienis, serta sudah terdaftar di BPOM sehingga aman dikonsumsi. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.


 Sido Muncul Garlic 30 Kapsul Obat Kolesterol dan Darah Tinggi