Hitung Kalori Yuk! Agar Tetap Sehat Selama Lebaran

Diposting oleh kdwnm on 28th Apr 2022

Lebaran menjadi momen merayakan kemenangan setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Perayaan besar ini selalu identik dengan berbagai macam sajian lezat, mulai dari opor, rendang, ketupat, dan berbagai macam kue kering yang pastinya sangat menggoda untuk dicoba.

Namun, jangan sampai kecolongan. Jika kamu ingin mempertahankan berat badan tetap sehat setelah puasa dan selama lebaran, maka kamu harus disiplin menerapkan pola hidup sehat, salah satunya adalah memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh. Sebab, makanan lebaran memiliki kalori yang tinggi yang tentunya dapat membuat angka timbangan melonjak naik dengan mudah. Berapa Asupan Kalori yang Dibutuhkan dalam Satu Hari? Sebelum mulai melakukan perhitungan kalori, kamu juga harus tahu berapa batasan konsumsi kalori harian tubuh. Kalori merupakan jumlah energi yang dibutuhkan untuk meningkatkan temperatur 1 gram air sebesar 1 derajat Celsius. Nah, jenis dan banyaknya makanan yang dikonsumsi akan menentukan berapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Berapa Asupan Kalori yang Dibutuhkan dalam Satu Hari?

Sebelum mulai melakukan perhitungan kalori, kamu juga harus tahu berapa batasan konsumsi kalori harian tubuh. Kalori merupakan jumlah energi yang dibutuhkan untuk meningkatkan temperatur 1 gram air sebesar 1 derajat Celsius. Nah, jenis dan banyaknya makanan yang dikonsumsi akan menentukan berapa banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh. Rata-rata kalori yang diperlukan wanita dan pria setiap harinya berbeda. Wanita umumnya memerlukan 1.600 hingga 2.400 kalori, sementara itu pria memerlukan 2.000 hingga 3.000 kalori per hari. Selain itu, saat tubuh bertambah usia maka kemampuan metabolisme tubuh semakin lambat sehingga kebutuhan kalori ikut menurun.

Total Kalori Sajian Khas Lebaran

Agar tidak mengalami kenaikan berat badan selepas lebaran, sangat penting mengetahui berapa jumlah kalori yang terdapat dalam sajian lebaran. Berikut jenis makanan dengan angka kalori dan lemak yang perlu kamu perhatikan sehingga tidak makan berlebihan:

  • Ketupat (Kalori: 144 kkal per 100 gram, Lemak: 0,28 gram per 100 gram).
  • Opor ayam (Kalori: 350 kkal per 100 gram, Lemak: 29,7 gr per 100 gram).
  • Ayam goreng (Kalori: 275 kkal per 100 gram, Lemak: 12, 2 gr per 100 gram).
  • Empal daging (Kalori: 248 kkal per 100 gram, Lemak: 6,9 gram per 100 gram).
  • Sambal goreng kentang (Kalori: 127 kkal per 100 gram).
  • Sate ayam (Kalori: 466 kkal per 100 gram, Lemak: 3,5 gram per 100 gram).
  • Kerupuk udang (Kalori: 447 kkal per 100 gram, Lemak: 20,5 gr per 100 gram).
  • Semur daging (Kalori: 221 kkal per 100 gram, Lemak: 16,20 gr per 100 gram).
  • Dendeng sapi (Kalori: 301 kkal per 100 gram, Lemak: 9 gr per 100 gram).
    Rendang Kalori: 193 kkal per 100 gram, Lemak: 7,9 gram per 100 gram).

Jangan lupa, konsumsi vitamin dan suplemen untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama lebaran. Kamu bisa membelinya lebih mudah sekarang secara online melalui Toko Kesehatan pusatfarma.com

Tips Menjaga Berat Badan Selama Lebaran 

Selain menjaga asupan makanan, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal selama Lebaran, seperti: 

Olahraga. Jika kamu sudah terlalu banyak mengonsumsi sajian lebaran, pastikan kamu berolahraga secara teratur. Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau bersepeda. 

Perbanyak Air Putih. Tetap konsumsi air putih sebanyak delapan gelas setiap hari atau sesuai kebutuhan tubuh. Air putih akan membantu menekan rasa lapar. Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan saat hari Lebaran. Jadi, kamu tidak perlu lagi takut dengan kenaikan berat badan dan tetap bisa mengonsumsi makanan yang disukai asalkan tidak berlebihan. 

Referensi: 

Fat Secret. Diakses pada 2022. Calories Nutrition: Beef Rendang. 

Live Strong. Diakses pada 2022. The Effects Of Too Many Calories. 

My Fitness Pal. Diakses pada 2022. Calories Indonesian Opor Ayam. 

Medical News Today. Diakses pada 2022. Health Benefits Of Coconut Milk.