Inilah Bahaya Menurunkan Masker dari Dagu hingga Leher Saat Makan

Diposting oleh kdwnm on 27th Aug 2022

Sejak munculnya pandemi virus Covid-19, masker adalah benda wajib yang harus selalu digunakan kemana pun Anda pergi. Masker menjadi salah satu benda yang dapat membantu mencegah penyebaran dan penularan virus Covid-19. Terlebih setelah organisasi kesehatan dunia atau WHO mempublikasikan kemungkinan virus Covid-19 yang dapat menyebar melalui udara (airborne), tidak lagi ada alasan bagi masyarakat untuk tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Walaupun aturan penggunaan masker telah diterapkan, ternyata masih banyak masyarakat yang salah menggunakan masker. Sama pentingnya dengan mengetahui cara memakai masker dengan benar, setiap orang harus memahami beberapa kesalahan umum yang harus dihindari saat menggunakan masker. Berikut beberapa kesalahan memakai masker yang sering ditemukan:

1. Tidak menutup area hidung

Mungkin Anda juga sering melihat atau bertemu dengan orang-orang yang memakai masker namun tidak menutup area hidung mereka. Masker yang mereka gunakan biasanya hanya menutup area mulut serta dagu. Padahal , hidung merupakan area wajib yang harus tertutup oleh masker supaya virus dan bakteri tidak terhirup secara langsung ke dalam tubu Anda.

2. Hanya menutup dagu

Masker sekali pakai dirancang untuk menutup area atas hidung dan mulut Anda untuk membantu menghentikan penyebaran virus melalui tetesan yang berasal dari Anda dan orang lain. Jika Anda tidak menggunakan masker untuk menutup area hidung dan mulut, penggunaan masker tidak dapat mencegah penularan virus Covid-19 dengan baik. Oleh karena itu, usahakan untuk menutup seluruh area mulut dan hidung Anda.

3. Menggunakan masker yang kotor, sobek atau basah

Masker yang Anda gunakan harus terjaga kebersihannya. Usahakan untuk mengganti masker secara berkala, dan jangan membiarkannya dalam keadaan basah atau kotor saat digunakan. Masker yang sobek, kotor atau basah tidak akan efektif melindungi diri Anda dan justru akan berbahaya bagi Anda.

4. Tidak menutup dagu

Saat menggunakan masker, usahakan supaya area dagu Anda tertutup dengan baik. Sebab apabila dagu Anda terbuka, hal ini dapat menyebabkan kuman menyebar ke area mulut Anda. Oleh karena itu, selain menutup hidung dan mulut usahakan untuk menutup area dagu Anda.

5. Masker longgar atau terlalu ketat

Virus dan bakteri dapat berpotensi masuk melalui celah-celah masker yang longgar. Sehingga memilih masker yang pas dengan wajah menjadi hal penting yang harus Anda pertimbangkan.

Bahaya menurunkan masker hingga ke leher

Selain beberapa kesalahan di atas, saat ini banyak juga ditemui orang-orang yang menurunkan maskernya hingga ke dagu bahkan leher saat berada di tempat umum. Hal ini biasa terjadi ketika orang perlu melepas masker saat makan, minum, atau mengatur nafas pada saat mereka sedang berolahraga di tempat umum. Namun, ternyata menurunkan masker hingga ke leher dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Sebab, ketika Anda menurunkan masker ke area dagu dan leher masker Anda akan berisiko terkontaminasi oleh bakteri dan virus yang ada pada leher yang terekspos. Hal ini dikarenakan saat Anda berada diluar rumah, bagian leher Anda yang terekspos dan tidak tertutup masker berpotensi terpapar virus dan bakteri melalui udara. Jika masker Anda menyentuh area leher, dagu atau jenggot Anda virus dan bakteri yang ada disana dapat berpindah ke masker Anda. Bakteri dan virus yang berpindah ke masker Anda kemudian dapat terhirup saat Anda menggunakan masker tersebut kembali dan dapat meningkatkan risiko penularan virus Covid-19.

Sehingga penting juga bagi Anda untuk mengetahui cara melepas masker dengan aman. Sebab penggunaan masker wajah yang tepat dapat membantu membatasi penyebaran virus dari orang yang terinfeksi atau mencegah orang sehat agar tidak terinfeksi. Sementara penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan hal sebaliknya.