Ketahui Cara Menurunkan Darah Tinggi

Diposting oleh kdwnm on 10th Sep 2021

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2014, tercatat ada sekitar 65 juta orang di Indonesia yang menderita hipertensi. Dan secara global, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan ada sekitar 8 juta orang di dunia yang meninggal setiap tahunnya dan lebih dari 50 juta orang mengalami kecacatan akibat komplikasi hipertensi.

Jika tidak ditangani dengan baik, tekanan darah tinggi dapat menimbulkan berbagai komplikasi, seperti serangan jantung, gagal jantung, stroke, gagal ginjal, gangguan penglihatan karena kerusakan retina, hingga demensia. Untuk mencegah terjadinya komplikasi tersebut, penderita tekanan darah tinggi perlu menurunkan tekanan darahnya hingga berada pada nilai normal.

Secara umum, menurunkan tekanan darah tinggi bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menjalani pola hidup sehat dan mengonsumsi obat-obatan penurun tekanan darah. Menurunkan Darah Tinggi dengan Mengubah Gaya Hidup Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat merupakan cara yang terbukti ampuh menurunkan darah tinggi, baik yang ringan atau parah sekalipun. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi dari dokter untuk menurunkan tekanan darah tinggi: 

1. Mengurangi asupan garam Garam mengandung sodium (natrium) yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, sodium dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Itulah sebabnya, penderita hipertensi yang tidak membatasi asupan garam akan sulit mengontrol tekanan darahnya. Jumlah asupan sodium yang direkomendasikan adalah kurang dari 1,5 – 2 gram sodium atau setara dengan 1 sendok teh garam per hari. 

2. Menjaga berat badan ideal Berat badan yang berlebihan atau obesitas dapat menyebabkan tekanan darah ikut naik. Oleh karena itu, menjaga berat badan ideal merupakan salah satu langkah yang disarankan untuk menurunkan tekanan darah. Untuk menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, Anda bisa menjalani pola makan sehat dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, minum air putih, dan mengurangi makanan yang berlemak. 

3. Rutin berolahraga Olahraga yang dilakukan secara rutin terbukti dapat mengurangi tekanan darah dan membantu menjaga berat badan. Beberapa pilihan olahraga yang baik untuk hipertensi adalah berjalan kaki, bersepeda, berenang, jogging, dan yoga. Untuk mendapatkan manfaat olahraga yang maksimal, disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin selama 30-60 menit, minimal 3 kali dalam seminggu. 

4. Kurangi stres Stres berkepanjangan atau stres berat dapat meningkatkan tekanan darah. Jika tidak dikelola dengan baik, stres berlebihan tersebut dapat membuat tekanan darah menjadi sulit dikontrol. Ada beragam cara mengurangi stres, antara lain dengan melakukan relaksasi, meditasi, menjalani hobi atau aktivitas yang digemari, dan tidur yang cukup. Orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-9 jam setiap malamnya. 

5. Hindari merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol Terlalu banyak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu penyebab tekanan darah meningkat. Jadi, jauhilah kedua kebiasaan buruk tersebut, apalagi jika Anda sudah memiliki hipertensi. Selain itu, penderita hipertensi juga perlu membatasi asupan kafein, karena kafein memiliki efek meningkatkan tekanan darah. Guna menurunkan darah tinggi, Anda juga harus memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Sebisa mungkin, perbanyak asupan kalium dan hindari makanan berlemak serta makanan yang mengandung banyak gula. Beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah adalah: Buah-buahan, seperti pisang, buah bit merah, delima, dan stroberi. Sayur-sayuran, antara lain bayam, kubis, brokoli, dan sawi. Kacang-kacangan dan biji-bijian. Namun ingat, jangan memilih produk yang mengandung banyak garam. Susu skim atau yogurt rendah gula dan lemak. Makanan berprotein tinggi, seperti telur dan ikan. Kedua jenis makanan ini juga mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Cokelat hitam (dark chocolate). Menurunkan Darah Tinggi dengan Obat-Obatan Selain mengubah gaya hidup, hipertensi juga dapat ditangani dengan pemberian obat penurun darah tinggi atau obat antihipertensi. 

Umumnya obat-obatan ini akan digunakan jika tekanan darah sudah sangat tinggi atau jika metode lain tidak berhasil menurunkan tekanan darah. Berikut ini adalah obat yang digunakan untuk menurunkan darah tinggi Sido Muncul Biotens 30 Kapsul Obat Darah Tinggi merupakan suplemen herbal alami yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Diramu dari bahan tradisional seperti daun dewa, pegagan, bawang putih, daun kumis kucing, dan daun seledri pilihan berkualitas. Darah tinggi sendiri terjadi karena peningkatan tekanan darah pada pembuluh nadi atau arteri melebihi nilai normal. Penyakit hipertensi dikenal juga sebagai The Silent Killer karena seringkali penderita tidak menyadari gejalanya dan dapat menyebabkan meningkatnya risiko penyakit seperti stroke dan gagal jantung. Sido Muncul Biotens merupakan solusi tepat untuk mengatasi darah tinggi. Salah satu bahannya yaitu daun dewa dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolic. Produk ini sudah terdaftar di BPOM sehingga aman dan terjamin kualitasnya. Konsumsi secara rutin dan rasakan khasiatnya.

Sido Muncul Biotens 30 Kapsul Obat Darah Tinggi