Ketahui Tentang Bakteri dan Virus

Diposting oleh kdwnm on 26th Sep 2022

Di saat pandemi virus Corona/COVID-19 ini, menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan menjadi sangat penting. Kita mulai berhati-hati dan menghindari apapun yang berkaitan dengan bakteri atau virus. Berbicara tentang bakteri dan virus, kita pasti sering mendengar istilah tersebut. Lalu apakah bakteri dan virus adalah hal yang sama? Untuk beberapa orang, bakteri dan virus sering kali tertukar-tukar penyebutannya. Keduanya memiliki beberapa kesamaan, tapi juga terdapat beberapa perbedaan dengan karakteristik khas masing-masing. Dapatkan suplemen dan vitamin pilihan untuk antisipasi virus corona di covid-19 essensial

Bakteri

Bakteri merupakan organisme bersel satu yang ditemukan secara alami di dalam tubuh, mulut, usus, dan di lingkungan kita. Kebanyakan adalah bakteri yang tidak berbahaya dan bahkan bermanfaat bagi tubuh. Bakteri dalam tubuh kita membantu kita tetap sehat, membantu mencerna makanan, dan membantu melawan hingga mematikan bakteri atau mikroba berbahaya. Bakteri bisa memberikan nutrisi bagi tubuh kita. Jika dilihat pada mikroskop mereka terlihat seperti bola, batang, atau spiral dan mampu berkembang biak dengan cepat. Kurang dari 1% bakteri berbahaya yang menyebabkan kita sakit. Radang tenggorokan, TBC, ISK merupakan infeksi umum yang disebabkan oleh bakteri. Untuk mengobatinya kita bisa menggunakan antibiotik atau membiarkannya saja karena tubuh kita memiliki kekebalan. Jaga kebersihan tangan dengan Hand Sanitizer pilihan.


Virus

Virus, kebalikan dari bakteri, tidak dapat hidup tanpa inang. Mereka membutuhkan yang lain makhluk hidup untuk membantu mereka berkembang biak dan tumbuh. Virus jauh lebih kecil dari bakteri dan menempelkan diri pada sel kita dan menggunakan materi genetik di dalam sel itu untuk bereproduksi. Kebanyakan virus menyebabkan penyakit seperti flu biasa, herpes zoster, campak, cacar air, dan AIDS. Antibiotik TIDAK AKAN mengobati infeksi virus. Mereka membutuhkan vaksinasi untuk mencegahnya sejak awal atau obat antivirus untuk menghambat perkembangannya.

Mencegah penyebaran Bakteri dan Virus

  • Langkah utama untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri adalah mencuci tangan dengan rutin. Kita bisa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60%n alkohol. Dapatkan produk hand sanitizer disini.
  • Selain mencuci tangan, sangat penting untuk tidak menyentuh wajah karena bakteri dan virus bisa memasuki tubuh melalui selaput lendir di wajah.
  • Menutup mulut saat batuk dan bersin, hal ini dikarenakan tetesan cairan yang keluar saat batuk dan bersin bisa menyebarkan bakteri dan virus.
  • Tinggal dirumah jika sedang sakit. Di tengah pandemi seperti ini jika kita merasa tidak enak badan, sebaiknya kita tetap berada di rumah dan menjauh dari orang lain untuk menghindari penyebaran virus dan bakteri. Baca juga Tips Memperkuat Sistem Imun