​Leher dan Pundak Kaku saat WFH? Begini Cara Mengatasinya!

Diposting oleh kdwnm on 5th Sep 2022

Pernah mengalami leher kaku atau pundak kaku selama Work from Home (WFH)? Kondisi yang banyak dikeluhkan ini bisa saja disebabkan oleh posisi duduk yang salah saat bekerja. Bukan hanya itu, masih ada penyebab lain dan ketahui juga cara mengatasinya! Penyebab Pundak dan Leher Kaku Salah satu penyebab pundak kaku dan penyebab leher kaku adalah posisi duduk atau membungkuk dalam waktu lama, seperti di meja dan melihat ke bawah pada suatu objek seperti handphone berulang kali. Saat WFH, mungkin Anda tidak mendapatkan tempat duduk serta meja yang nyaman, sehingga mengalami otot kaku pada leher dan pundak. 

Cara Mengatasi Leher dan Pundak KakuCara meredakan leher kaku tergantung pada penyebabnya. Jika kekakuannya ringan, seperti yang disebabkan oleh duduk terlalu lama didepan komputer beberapa perawatan rumahan berikut mungkin dapat membantu Anda :

1. Kompres Es

Menerapkan kompres es dapat menjadi salah satu cara mengatasi leher kaku. Mereka membantu Anda dalam mengurangi nyeri pada pundak dan leher yang kaku. Ini juga dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan setelah ketegangan ringan. Anda bisa menggunakan kantong es pertolongan pertama atau tutupi kantong es dengan kain untuk menghindari radang dingin. Tempelkan es selama 20 menit dan istirahatkan selama 20-30 menit sebelum mengkompresnya lagi. 

2. Kompres Panas 

Cara mengatasi pundak kaku Selain menggunakan kompres es, Anda juga bisa menggunakan bantalan pemanas atau mandi air panas. Hal ini dapat untuk membantu mengendurkan otot-otot yang tegang dan meredakan nyeri. 

3. Konsumsi Obat Leher Kaku 

Apabila menggunakan perawatan dengan es dan kompres panas tidak membantu Anda bisa mengkonsumsi obat leher kaku seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Beberapa contohnya termasuk ibuprofen dan naproxen, yang dapat mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain, cobalah untuk mengkonsultasikannya ke dokter sebelum menggunakannya.

4. Lakukan Peregangan 

Rasa sakit yang terjadi pada leher dan pundak bisa disebabkan karena otot leher kaku dan juga otot pundak kaku. Anda disarankan untuk melakukan peregangan untuk mengurangi kekakuan tersebut. Cobalah untuk meregangkan otot leher dan pundak dengan menggerakkan kepala secara lembut dan perlahan dari satu sisi ke sisi lain. Putar bahu ke depan dan ke belakang. Namun Anda perlu menghentikan jika peregangan menyebabkan nyeri.

5. Pijat Leher dan Pundak 

Metode rumahan lain yang bisa Anda coba untuk mengurangi kekakuan pada pundak dan leher adalah dengan melakukan pijat. Anda bisa meminta anggota keluarga Anda untuk melakukan pijatan pada pundak dan leher Anda. Atau terapis pijat berlisensi juga dapat membantu meredakan otot yang tegang dan nyeri. Meskipun penelitian belum membuktikan bahwa pijatan efektif, namun hal ini dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit. Anda juga bisa mengoleskan krim nyeri leher dan pundak untuk mengurangi rasa sakit.