Perkuat Daya Tahan Tubuh dengan Cara ini

Diposting oleh kdwnm on 10th Sep 2022

Peran Sistem Imun pada Tubuh Anda

Sistem imun merupakan bagian tubuh yang berfungsi sebagai penangkal bakteri dan virus. Sebenarnya, tubuh Anda selalu beraktifitas untuk mencegah serangan bakteri dan virus bahkan pada saat Anda tidur agar Anda terhindar dari segala macam penyakit. Namun, dengan gaya hidup yang tidak sehat, salah satu contohnya adalah pilihan makanan yang tidak sehat akan melemahkan sistem imun Anda. Hal ini menyebabkan bakteri dan virus mudah masuk ke dalam tubuh. Berikut beberapa tips yang bisa Anda contoh untuk memperkuat sistem imun.

1. Hindari Guladan Alkohol
Taukah Anda? Mulut dan usus merupakan sarang dari segala jenis mikrobioma. Terdapat 38 triliun mikroba bersarang di usus, jumlah ini sebanding dengan jumlah sel di dalam tubuh kita.
Namun tidak semua mikroba menyerang tubuh kita. Terdapat beberapa jenis mikroba yang mempunyai hubungan simbiosis mutualisme dengan sel tubuh kita. Mikroba jenis ini justru memperkuat sistem imun kita.
Anda dapat memperkuat sistem imun dan menambah jumlah mikroba yang baik di dalam tubuh Anda dengan cara menghindari konsumsi gula dan alkohol. Mengurangi makanan siap saji, makanan yang mengandung bahan kimia, dan lebih banyak mengkonsumsi sayuran hijau dan minum air putih. Kami juga menyarankan untuk menambah konsumsi makanan yang mengandung alkali, buah-buahan dan vitamin C.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Alkali
Seiring bertambahnya usia, berbagai masalah kesehatan tentunya akan muncul dengan sendirinya. Bakteri dan virus bisa dengan mudah merusak sistem imun Anda. Berbagai suplemen dan vaksin mungkin tidak bisa lagi menolong Anda. Namun jangan takut, Anda dapat melakukan perlindungan ekstra untuk tubuh Anda. Pada saat musim dingin, jangan sampai terkena flu. Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung alkali seperti bayam dan bawang.

3. Tidur yang Cukup


Anggaplah bahwa tidur merupakan aktifitas untuk mencharge tubuh Anda. Ketika Anda tidur, tubuh anda akan menghasilkan protein yang disebut cytokines. Cytokines merupakan alat yang sangat kuat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Begadang sama sekali tidak membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Maka dari itu, hindari begadang, tidur yang cukup, dan tubuh Anda akan fit keesokan harinya. Terlalu banyak begadang akan menyebabkan tubuh Anda kekurangan energi untuk mencegah virus dan bakteri. Jika memungkinkan, kami sarankan untuk tidur siang selama 30 menit.

4. Hindari Stress dan Gelisah
Kondisi mental Anda sangat mempengaruhi performa sistem imun dalam tubuh Anda. Kegelisahan terbukti memperlemah sistem imun dan menyebabkan tubuh Anda terserang berbagai jenis penyakit. Apabila Anda terlalu stress dan gelisah, tubuh Anda akan menghasilkan hormon yang disebut cortisol. Cortisol dapat memperlemah antibodi dan menambah inflamasi. Akibatnya, tubuh Anda dapat terjangkit bakteri dan virus dengan mudah. Apabila terjadi secara terus-menerus, kondisi tubuh akan semakin lemah dan mungkin kehilangan antibodi secara total.
Kami sarankan untuk tetap rileks, tarik nafas dalam-dalam kemudian keluarkan. Anda juga dapat bermeditasi, olahraga secara teratur, hirup udara segar dan dapatkan sinar matahari di pagi hari.