Potensi Penyebaran Virus Corona di Ruang Publik dan Pencegahannya

Diposting oleh kdwnm on 19th Jul 2022

Cara mencegah penyebaran virus di ruang publik 

Sebagian besar orang yang terinfeksi mengalami penyakit ringan dan sembuh, namun bisa lebih parah bagi orang lain. Cara yang dapat melindungi Anda dari penyebaran virus corona yaitu dengan menjaga kesehatan dan melakukan beberapa pencegahan terlebih jika Anda sering berada di ruang publik, seperti : 

1. Rajin mencuci tangan cara mencuci tangan yang benar 

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan mencuci tangan secara benar dapat membantu mengurangi risiko terinfeksi dan penyakit lainnya yang dapat menular melalui tangan. Secara rutin bersihkanlah tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Atau gunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol 60% jika disekitar Anda sulit menemukan sumber air. 

2. Jaga jarak dengan orang lain social distancing 

Jaga jarak Anda dengan siapa saja yang sedang batuk dan bersin. Ketika seseorang bersin atau batuk, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mengandung virus. Menutupi mulut dan hidung Anda ketika batuk atau bersin dengan siku atau tisu dapat mencegah penyebaran penyakit berbahaya. Selain itu, Jika Anda bersin atau batuk di tangan, Anda dapat mencemari benda atau orang yang Anda sentuh. Sebaiknya juga pertahankan jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) antara Anda dan orang lain. Bila memungkinkan, hindari menggunakan transportasi publik seperti kereta atau bus pada jam-jam sibuk. 

3. Beritahu petugas medis apabila demam gejala virus corona 

Apabila Anda mengalami demam, batuk, sesak nafas, segera cari perawatan medis secepatnya. Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat yang akan melindungi serta membantu Anda mencegah terinfeksi penyakit lainnya. 

4. Gunakan tusuk gigi saat menekan tombol elevator tempat penyebaran virus corona 

Benda-benda yang sering disentuh di ruang publik memiliki kemungkinan terpapar virus. Sama halnya dengan menekan tombol elevator atau lift menggunakan tangan dapat membantu perpindahan virus dan bakteri lebih cepat. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Hospital Infection, virus tersebut bisa hidup di permukaan logam, kaca, dan plastik selama lebih dari sembilan hari. Terlebih, peneliti dari pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit di China, menemukan bahwa orang yang terinfeksi Covid-19 bisa meninggalkan virus tersebut pada benda yang terkena percikan cairan saat ia bersin atau batuk. 

Oleh karena itu, disarankan agar selalu mencuci tangan memakai sabun termasuk juga menyemprotkan cairan desinfektan pada benda-benda yang sering kita sentuh. Hal serupa sudah diterapkan oleh masyarakat China terkait mencegah penyebaran virus. Masyarakat China menggunakan tusuk gigi dan korek api untuk menekan tombol lift sebagai langkah pencegahan.